RANGKAIAN KEGIATAN ROMBONGAN DESA PERAYUN

Serangkaian kegiatan Desa Perayun di Kecamatan Pulau Laut 26/01/2024
Sekilas tentang Desa Perayun dan Pemerintah Desa Tanjung Pala, serangkaian kegiatan di lakukan. Desa Perayun adalah sebuah Desa Di Kecamatan Kundur Utara Kabupaten Karimun yang saat ini di kategorikan sebagai Desa Mandiri. Desa Perayun juga ssalah satu sebagai Desa Pengelola Gapoktan terbaik di tingkat Kabupaten Karimun. Terlepas dari itu dalam rangka mempererat tali persaudaraan Desa Perayun melakukan kegiatan Studi Tur dengan Desa tujuan kali ini adalah Desa Tanjung Pala Kecamatan Pulau Laut Kabupaten Natuna. Desa Tanjung Pala adalah salah satu desa yang terletak di Laut Natuna Utara tepatnya di Kecamatan Pulau Laut Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau. Untuk mencapai Desa Tanjung Pala dapat dilakukan mengunakan Kapal Perintis dan Kapal Kayu Masyarakat. Jika mengunakan Kapal Perintis dengan menempuh perjalanan selama 8 jam. Namun jika mengunkan Kapal Kayu milik masyarakat jarak tempuh hanya 4 jam. Kondisi Giografis Desa Tanjung Pala berada di pesisir dengan pengahsilanm masyarakatnya adalah dari Kelautan dan Perikanan. Desa Tanjung Pala terletak Koordinat 4″74’01.22 E dan 107″99’42.96 N dengan Penghasilan utama masyarakatnya dari hasil Perikanan. Dengan Kondisi Kelautan adalah satu menjadi Kegiatan Studi Tur Desa Perayun ke Desa Tanjung Pala.

Pada Tanggal 21 Januari 2024 sekitar pukul 12.30 WIB rombongan tiba Desa Tanjung Pala dengan mengunakan Kapal Kayu Masyarakat ytang bertolak dari Desa Teluk Buton. Rombongan di Sambut oleh Kepala Desa Tanjung Pala Yaswir yang di dampingi oleh Camat Pulau Bambang Erawan, sedangkan rombongan di pimpin langsung oleh Kepala Desa Perayun Tarub Sigiono. Dalam rombongan Desa Perayun ikut serta KepaLa Bidang Pembinaan Desa Kabupaten Karimun Bapak Mauhammad Firdias, SE.M.MPUb serta di dampingi oleh Kepala Dinas DPMPD Kabupaten Natuna Bapak Anrizal Zen.

Rombongan di sambut oleh Tarian Selamat Datang Sekapur Sirih. Setelah menikmati jamuan siang rombongan di Istrihatkan. Pada tanggal 22 Januari 2024 Rombongan memenuhi undangan Camat Pulau Laut dalam rangkaian kegiatan Apel Senin pagi bersama di Halaman Kantor Kecamatan Pulau Laut. Setelah itu Desa Perayun sempat mengunjungi Desa Air Payang. Tanggal 23 Januari 2024 Desa Perayun memenuhi undangan Desa Kadur sekitar pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Pada pukul 14.00 WIB Rombongan Desa Perayun kembali mengikuti serangkaian kegiatan di Desa Tanjung Pala. Kali ini destinasi yang di tuju adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yaitu Pulau Sekatung yang terletak di Ujung terluar Kabupaten Natuna. Pulau Sekatung ini secara Administratif termasukj di wilayah Pemerintahan Desa Tanjung Pala. Namun sebelum menuju ke Pulau Sekatung rombongan sempat di perlihatkan tentang Budi Daya Ikan laut yaitu Keramba.

Tanggal 24 Januari 2024 Destinasi di lanjutkan ke Pulau Sebetul yang terletak di Desa Air Payang. Pulau Sebetul ini juga merupakan salah satu yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat dengan menyulap pulau tersebut menjadi salah satu Destinasi Wisata Laut dengan pembangunan Penahan Ombak yang telah di laksanakan oleh Pemerintah Pusat pada Tahu 2022 dan 2023 lalu.

Setelah malakukan semua Agenda Kegiatan pada tanggal 24 malamnya dilakukan Malam Keakraban antara Pemerintah Desa Perayun dan Pemerintah Desa Tanjung Pala saebagai malam perpisahan. Serangkaian acara persembahan di tampilkan oleh putra putri Desa Tanjung Pala. Salah satu yang menjadi perhatian rombongan adalah persembahan Tarian Sipah Aqok. Dalam Kesempatan tersebut Bapak Mauhammad Firdias, SE.M.MPUb sebagai Kabid Bina Desa Kabupaten Karimun berdecak kagum dengan serangkaian acara perpissahan yang di tampilkan. Dan beliau sempat berkata” Sungguh luar biasa penyambutan masyarakat Desa Tanjung Pala, ini semua akan menjadi Pekerjaan Rumah bagi Desa Perayun sekiranya nanti Desa Tanjung Pala berkunjung ke Desa Perayun’ Kata beliau

Dalam acara perpisahan ini juga Kepala Desa Perayun Tarub Sugiono menyatakan bahwa Desa Perayun siap menanti kedatangan Kepala Desa Tanjung Pala dan Rombongan pada tahun depan

https://youtu.be/-v9VOg-GTNU

By Admin Web

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *